Hubungan Paradigma, Strategi, dan Tantangan dalam Konsep Pemasaran

Authors

  • Ladisa Cikal Asa Bangsa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Pemasaran Transaksional, Pemasaran Hubungan, Paradigma Baru, Strategi

Abstract

Revolusi Pemasaran telah memberikan dampak yang signifikan baik dari segi teori maupun praktik setidaknya dua kali dalam kurun waktu 50 tahun terakhir. Pertama, pada awal tahun 1960-an, terjadi pergeseran paradigma pemasaran dari yang berfokus pada produk menjadi yang berfokus pada pelanggan. Kedua, pada awal tahun 1990-an, terjadi perubahan dari pemasaran transaksional menjadi pemasaran hubungan, yang banyak dianut oleh para akademisi dan peneliti di bidang pemasaran, khususnya di Eropa Barat, terutama dalam konteks industri dan jasa. Pergeseran ini disebabkan oleh pendekatan dominan 4P (produk, harga, tempat, dan promosi) dalam literatur pemasaran yang sering kali menyesatkan dalam menjawab pertanyaan mengenai pengembangan pemasaran, sehingga memunculkan paradigma baru dalam hubungan pemasaran. Hubungan pemasaran menekankan pentingnya membangun kemitraan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan strategis yang dalam pelaksanaannya akan menghadapi berbagai hambatan yang memerlukan solusi.

References

Burn, Manfred. 2003. Relationship Mar- Keting. Harlow. England: Prentice Hall.

Carlile, Paul R. Christensen, Clayton M. 2005. The Cycles of Theory Building in Management Research. Work Paper.

Chase, Richard B; Jacobs F. Robert and Aquilano, Nicholas J. 2004. Opera- Tion Management for Compe-Titive Advantage. New York: McGraw-Hill Book Co.

Gronroos, C. 1993. “From Marketing Mix to Relationship Marketing: Towards a Paradigm Shift in Marketing.” Management Decision 32(2).

Gummesson, E. 1999. “Total Relationship Marketing: Experimenting with a Synthesis of Research Frontiers.” Australian Marketing Journal Vol 7((1)): hlm. 72-85.

Mc. Donald, M. H. B. 1992. “Strategic Marketing: A State-of-the-Art Review. Marketing Intelligence & Planning.” Vol 10((4)): hlm. 4-22.

Perrien, J. and L. Ricard. 1995. “The Meaning of a Marketing Relation- Ship.” Industrial Marketing Mana- gement Vol 24: hlm. 37-43.

Piercy, N. F. and N. A. Morgan. 1990. “Orga- Nizational Context and Behavioral Problem as Determinants of the Effectiveness of the Strategic Marketing Planning.” Journal of Marketing Management Vol 6((2)): hlm. 127-143.

———. 1994. “The Marketing Planning Process: Beha- Vioral Problems Compared to Analy- Tical Techniques in Explaining Mar- Keting Plan Credibility.” Journal of Business Research vol 29: ,hlm. 167-178.

Piercy, N. F. 1998. “Barriers to Implemen- Ting Relationship Marketing: The Internal Market-Place.” Journal of Strategic Marketing Vol 6: hlm. 209-222.

Robbin, Stephen T.; Coulter, Mary. 2009. Management. 10th Ed. New York: Pearson Education.

Sheth, J. N. and A. Parvatiyar. 1998. “Relationship Marketing in Consumer Markets: Antecedents and Conse- Quences.” Journal of the Academy of Marketing Science Vol. 23((4)): hlm. 255-271.

Zeithaml, Valarie and Bitner, Mary. Jo. 2003. Services Marketing, Integra- Ting Customer Focus A Cross The Firm. New York: McGraw-Hill Book Co.

Downloads

Published

2024-08-05