Dampak Sertifikat Halal dan Kebersihan terhadap Tingkat Konsumsi dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervensi

Authors

  • Muhammad Rajab Ardiansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Sertifikasi halal, kepercayaan konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dampak sertifikat halal dan kebersihan terhadap tingkat konsumsi dengan kepercayaan sebagai variabel intervensi. Kajian dari penelitian ini adalah untuk mempertimbangkan bagaimana kesadaran halal mempengaruhi ketertelusuran halal produk dari perspektif pelaku usaha. Produk halal sangat penting di negara dengan populasi Muslim terbesar. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kehalalan produk sehingga masih banyak produk yang belum jelas kehalalan produk tersebut. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang menganalisis teori serta hubungan atau pengaruh antar variabel berdasarkan jurnal-jurnal sebelumnya. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa label halal dan kesadaran konsumen terhadap halal memiliki dampak positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian, meskipun terdapat beberapa jurnal yang menunjukkan tidak adanya pengaruh terhadap keputusan tersebut. Diharapkan agar konsumen lebih memperhatikan label halal pada produk dan meningkatkan kesadaran mereka mengenai produk yang halal.

References

A, Ritawati. 2013. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan PT. Jamsostek (Persero) Cabang Surabaya. DIE.” Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen.

Ali, M. 2016. “Konsep Makanan Halal Dalam Tinjauan Syariah Dan Tanggung Jawab Produk Atas Produsen Indsutri Halal.” Jurnal Ahkam: 291–305.

An-Nada, Z. 2018. “Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Label Halal Pada Produk Makanan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim. UIN Syarif Hidayatullah.”

Apriyantono, Anton. 2005. Makanan Dan Minuman Halal Kaitan Antara Syar’i, Teknologi, Dan Sertifikasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Assauri, Sofjan. 2002. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep Dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Bulan, T. P., & Rizal, M. 2013. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis.” JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN Vol 5(No 1): 430–39.

Dew, Sari, D. K., & Sudardjat, I. 2013. “Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sumatera Utara.” Jurnal Ekonomi dan Keuangan: 49–56.

Endah, N. H. 2014. “Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal Oleh Konsumen Indonesia.” Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 22(No 1): 11–25.

Fauzi, M.W., M. Warso, M.H. A.T. Haryono. 2016. “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan PT. Toys Games Indonesia Semarang).” Journal Of Management Vol 2(No 2).

Fitria, N. D. 2016. “Pengaruh Label Halal Dan Aspek Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Impor (Studi Kasus Konsumen Muslim DKI Jakarta).” Institut Pertanian Bogor, 3.

Fitria, Nadia Dwi. 2016. .“.‘Pengaruh Label Halal Dan Aspek Religusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oalahan Impor Pada Masyarakat Muslim Jakarta’.” Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Hasan, KN. Sofian. 2014. “‘Kepastian Hukum Sertifikasi Dan Labelisasi Halal Produk Pangan.’” Jurnal Dinamika Hukum (No. 2/Mei).

Herawan. K., D.M. Mukzam, M. Nurtjahjono. E. Gunawan. 2015. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Kantor Cabang Kota Malang Kawi.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). vol 1(no 1).

Hukum, F., Muhamadiyah, U., & Utara, S. 2020. “Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle). Iuris Studia.” Jurnal Kajian Hukum 1((1)): 14–20.

Irwansyah, A. 2016. “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Restoran Cepat Saji Di Kota Bogor.” Institut Pertanian Bogor.

Jalasena A, Bintang dan Sri Setio Iriani. 2014. “‘Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy.’” Jurnal Bisnis dan Manajemen (No.2/Februari).

Juliningrum, E. & A. Sudiro. 2013. “Pengaruh Kompensasi, Budaya Organisasi, Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Pegawai.” Jurnal Aplikasi Manajemen vol 11(no 4).

Juniantara, I Putu Kusuma dan Made Kembar Sri Budhi. 2012. ““Pengaruh Ekspor, Impor Dan Kurs Terhadap Cadangan Devisa Nasional Periode 1999- 2010".” Vol 1(No. 1/November).

Koeswandi, T., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. 2017. “Pengaruh Atmosfer Terhadap Costumer’s Impression Dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang.” Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis Vol 8(No 2 September 2017): 33.

Kotler, Philip dan Ghary Armstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Kedua Belas, Diterjemahkan Oleh Bob Sabran, Dari Judul Asli Principles Of Marketing,. Twelfth Ed. Jakarta: Erlangga.

Lim charity, M. 2017. “Jaminan Produk Halal Di Indonesia.” Jurnal Legislasi Indonesia 14((1)): 99–108.

Maharani, I., & S. Efendi. 2017. “Pengaruh Budaya Organisasi Komitmen Organisasi, Kompensasi, Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.” Jurnal Ilmu Manajemen Vol 13(No 2).

Pratiwi, P. 2012. “). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Pemberdayaan Terhadap Komitmen Organisasional Dalam Meningkatkan Kinerja Aset.”

Rambe, Yuli Mutiah dan Syaad Afifuddin. 2012. “‘Pengaruh Pencantuman Label Halal Pada Kemasan Mie Instan Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Al-Washliyah Medan’.” Skripsi. Medan: Universitas Al-Washliyah, 2012 Sangadji.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Jakarta: : Kencana.

Setiawan, S., & Mauluddi, H. A. 2019. “Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Halal Di Kota Bandung. At-Tijaroh.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam 5((2)): 232–246. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v5i2.1849.

Sopiah, Etta Mamang dan. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Sukirman, S. 2017. “Jiwa Kewirausahaan Dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 20((1)): 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318.

Downloads

Published

2024-09-01