Dampak Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan

Authors

  • Muhammad Akbar Universitas Harapan

Keywords:

Kepuasan pelanggan, citra merek, loyalitas

Abstract

Melalui penggunaan kepuasan sebagai variabel mediasi, penelitian ini berupaya memahami hubungan yang ada antara citra merek dan loyalitas konsumen, serta hubungan yang ada antara kepuasan dan loyalitas. Jajak pendapat ini mencakup seluruh warga wilayah Medan yang memiliki smartphone Samsung. Sampel penelitian ini terdiri dari 140 pengguna smartphone Samsung di Medan. Pengambilan sampel nonprobabilitas digunakan dalam teknik pengambilan sampel. Peneliti menggunakan PLS (Partial Least Square) untuk menguji hipotetis. Produsen smartphone Samsung harus terus meningkatkan citra merek dan kebahagiaan pelanggan mereka untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan, yang akan mencegah pelanggan beralih ke barang lain dan mendorong mereka untuk menyarankannya kepada orang lain.

References

Aaker, A. David. 2008. Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa Oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Caturani, E., Suseno, Y. ., & Widajanti, E. 2019. “Analisis Pengaruh Kepercayaan Merk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Retno Skin Care Di Surakarta.” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia 13((1)): 16–26.

Detha Misgi Pratiwi, David P.E Saerang, Ferdinand Tumewu. 2015. “”The Influence Of Brand Image, Brand Trust and Costumer Satisfaction on Brand Loyalty (Case of SAMSUNG Smartphone)”.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15(No 5): pp/ 377-385.

Dulkhatif, Andi Tri Haryono, Moh Mukeri Warso. 2016. “‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penyedia Jasa Internet Study PT Noken Mulia Tama Semarang.’” Journal Of Management Vol 2(No 2): pp.1-34.

Erwinsyah Putra, Muhklis Yunus, Sulaiman. 2015. “‘Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepercayaan Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Politeknik Aceh’.” Jurnal Manajemen: 174–85.

Fahmi, M., Prayogi, M. ., & Jufrizen. 2018. “Peran Kepercayaan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Website Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Shop.” Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah 2((3)): 121–130.

Faizal, H., & Nurjanah, S. 2019. “Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4((2)): 307–316.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Griffin, Jill. 2012. Customer Loyalty Terjemahan Dwi Kartini Yahy. Jakarta: Erlangga.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. 2020. “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio.” Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3((2)): 273–282.

Harsono, Soni. 2015. “The Institution Image and Trust And Their Effect On The Positive Word Of Mouth.” International Research Journal of Business Studies Vol 7(No 7): 69–78.

Hayani. 2020. “Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan.” Journal of Management and Business (JOMB) 2((2)): 133–141.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Jakarta: Alfabeta.

Kalsum, Eka Umi. 2016. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Nasabah Menabung Di Tebing Tinggi (Studi Kasus: Bank Syariah Mandiri Cabang Tebing Tinggi).” Jurnal Ilmiah Maksitek. Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Vol 1(No 1).

Kartajaya, Hermawan. 2004. Positioning, Diferensiasi, Dan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P dan Keller, K. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kresnamurti, Agung dan Ariani Putri. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Oli Federal Di Wilayah Jakarta Timur.” Jurnal Econo Sains Vol X(No 1): Hal: 1-14.

Kuncoro, Mudjarad. 2009. . . Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, D., & Laily, N. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Dimas Ifanda Putra Kusuma Nur Laily Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.” Ilmu Dan Riset Manajemen 9((10)).

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jilid 3. Jakarta: Salemba Empat.

Musay, F.P. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian: Survei Pada Konsumen KFC Kawi Malang. Malang: Universitas Brawijaya.

Nandya Ayu Putri, Zainul Arifin, Wilopo. 2016. “‘Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Switching Barrier Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan’.” Jurnal Administrasi Bisnis Vol 32(No. 1 Maret): 18–26.

Nurmillatina, T. 2018. “Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan, Dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Infinito Culinary Bandung.” Universitas Pasundan Bandung.

Pansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Pradipta, Dyah Ayu Anisha. 2012. “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT. Pertamina (Persero) Enduro 4T Di Makassar.” Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Pramudyo, Anung. 2012. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan.” JBMA Vol 1(No 1 Agustus 2012): ISSN: 2252-5483. Diakses pada November 2019.

Rafiah, K. K. 2019. “Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Berbelanja Melalui E-Commerce Di Indonesia.” Al Tijarah 5((1)): 46–56.

Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, Leon G. Leslie, Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Oleh Zoelkifli Kasip. Edisi Ketu. Jakarta: PT Indeks Gramedia.

Sinurat, E., Lumanauw, B., & Roring, F. 2017. “Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 5((2)): 2230–2239.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumawardani, Pmaria M Minarsih, M Mukeri Warso. 2016. “‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Desain, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Penigkatan Penjualan Di Percetakan Teaching Factory Gradasi Semarang.’” Journal of Management Vol 2(No.2, Maret): 1–17.

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center of Academic.

Tjiptono, Fandy. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Yonata, H., Setiawan, P., Santamoko, R., Ilham, D., & Asdiany, D. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Satria Antaran Prima.” Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis 11((2)): 2502–2514.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 Thed. Mc.Graw-Hill. Boston.

Zhang Jing, Chatchai Pitsaphol, Rizwan Shabbir. 2014. “‘The Influence of Brand Awareness, Brand Image and Perceived Quality on Brand Loyalty: A Case Study of OPPO Brand In Thailand’.” Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business Vol 5(No 12): 16–26.

Downloads

Published

2024-08-05