Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Lembaga Pemeriksa Halal Indonesia

Authors

  • Edi Kurniawan Universita Medan Area

Keywords:

Lembaga Pemeriksa Halal, Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran

Abstract

Di Indonesia, kini sudah banyak Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang sebelumnya hanya satu, yang dijalankan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Agar LPPOM MUI terus berusaha berkembang, diperlukan rencana pemasaran yang solid untuk memantapkan diri sebagai perusahaan yang banyak dipilih oleh pelaku industri dan pemilik merek ketika membantu pelaku usaha mendapatkan sertifikasi halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggunakan teknik 7P marketing mix untuk mengkaji strategi pemasaran LPPOM MUI. Unsur-unsur yang membentuk campuran 7P adalah orang, lokasi, proses, produk, harga, promosi, dan bukti fisik. Berdasarkan bauran pemasaran 7P, temuan riset menunjukkan bahwa konsumen memiliki kesan positif terhadap prosedur pendaftaran sertifikasi halal LPPOM MUI DKI Jakarta. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa tiga atribut orang, proses, dan produk memiliki tingkat signifikansi tertinggi. Oleh karena itu, strategi pemasaran LPPOM MUI harus ditingkatkan terutama di sekitar ketiga atribut ini agar organisasi dapat dipilih oleh pelaku usaha.

References

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Agic, E., Cinjarevic, M., Kurtovic, E., & Cicic, M. 2016. “Strategic Marketing Patterns and Performance Implications. European.” Journal of Marketing 50((12)): 2216–2248. https://doi.org/10.1108/ejm-08-2015-0589.

Alexander, Ryxwel, and Anny Nurbasari. 2023. “‘Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi Pada D’dieuland).’” JURNAL SEKRETARIS DAN ADMINISTRASI BISNIS Vol VII(no 1): 64–80. https://doi.org/10.31104/jsab.v7i1.293.

Amstrong, Kotler &. 2008. PrinsipPrinsip Pemasaran Jilid 1. (Alih Bahasa: Bob Sabran, M.M). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Anoraga, Panji. 2004. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Auliya, Anisatul, and Yosephine Mariela. 2021. “‘Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Penyelenggaraan Cathay Pacific Travel Fair 2020.’” Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 4(no 3): 292–301.

Batlajery, S. 2019. “Analisa Bauran Pemasaran (7p) Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Homeindustry Cv Melati Kota Pangkalpinang).” Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (Jipmb) VI((4)): 2354– 5682. https://doi.org/10.35724/Jies.V7i2.507.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. 1982. “Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.” Inc.

Dewi, P. N., Hendriyani, C., & Ramdhani, R. M. 2021. “Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi.” JIP (Jurnal Industri dan Perkotaan) 17((2)): 6–13.

Hartati, Misra, et al. 2020. “‘Proposed Marketing Strategy for Freight Services Based on Consumer Preferences and Perceptions with the Multidimensional Scaling Method.’” Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri Vol 6(no 1): 53–59.

Hayani, Nurahmi. 2012. Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi. Pekanbaru: Suska Press.

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kushwaha, G. S., & Agrawal, S. R. 2015. “An Indian Customer Surrounding 7P׳s of Service Marketing.” Journal of Retailing and Consumer Services 22: 85–95.

Lukitaningsih, A. 2013. “Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 13((2)): 116–129.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Emban Patria.

Martjiono, Ricky, et al. 2016. “‘Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Kakkk, Ayam Geprek!!!’” Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa Vol 4(no 2): 484–494.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Mulyatinigsih, Endang. 2013. Metodologi Penelitian Terapan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Murti, A. B. 2017. “Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Gunungapi Merapi Dan Museum Affandi Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung.” Universitas Islam Indonesia.

N, Malhotra. K. 2010. Riset Pemasaran Pendekata Terapan. Jakarta: PT. Indeks.

Naibaho, E. R., Fauzi, A., & Sadalia, I. 2020. “The Effect of Marketing Mix on Satisfaction of Customer Insurance Products Unit Link (Empirical Study in PT AIA Financial Branch Phoenix Medan).” International Journal of Research and Review 7((2)): 47–55.

Nana, H. A. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Oematan, F. 2017. “Analisis Bauran Pemasaran Di Hotel Sasando Kupang.” Agora 5(2).

Prapannetivuth, A. 2015. “The Marketing Mix in Small Sized Hotels: A Case of Pattaya, Thailand. International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic,.” Business and Industrial Engineering 9((11)): 3903–3906.

Ratnawati, A. Y., & Susena, E. 2017. “Analisis Manajemen Pemasaran Batik Di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta.” Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta 3: 2442– 7942.

Rosita, Rossa Dea. 2019. “ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI LUWAK PADA KOPI LUWAK MATARAM.” Bantul.

Sopian, and Hermawan. 2023. “‘Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada STIE Gici Business School Bogor.’” Sosio E-Kons vol 15(no 1): 103–117. http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v15i1.16952.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukotjo, H., & Radix, S. A. 2010. “Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, Dan Physical Evidence) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta Di Surabaya.” Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis 1((2)): 216–228.

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: PT. Buku Seru.

Triono, B. R. M. S., & Sari, C. T. 2017. “Efektivitas Strategi Pemasaran Online Bagi Museum Kraton Kasunanan Surakarta.” Wasana Nyata 1((2)): 14–20.

Widyawati, N. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Serta Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen DiHotel Zakiah Medan.” EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan) 12((1)): 74–96.

Wulan , Wira Setyo, et al. 2016. “‘PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Restoran Kayu Manis Tuban) .’” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) vol 32(no 2): 176–183.

Downloads

Published

2024-05-08