Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Perusahaan Tanggung Jawab Sosial (CSR)

Authors

  • Tohap Parulian Siregar STMIK BUDIDARMA

Keywords:

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional

Abstract

Pertimbangan ini dilakukan dengan menyelidiki dampak estimasi perusahaan, laba, leverage, estimasi dewan, dan persyaratan kepemilikan pengungkapan CSR pada perusahaan yang terdaftar di JII antara tahun 2015 dan 2017. Jenis pertanyaan tentang: Ini bisa berupa pertanyaan kuantitatif. Tes  ini melibatkan 33 perusahaan. Informasi yang digunakan merupakan informasi tambahan yang diperoleh dengan menggunakan strategi penelitian yang ditargetkan. Kajian yang digunakan dalam pembahasan ini adalah kajian langsung lainnya. Meskipun ukuran perusahaan dan penilaian dewan  memiliki dampak yang signifikan terhadap pengungkapan CSR, utilitas peraturan, penggunaan, dan kepemilikan tampaknya tidak berdampak terhadap pengungkapan CSR.

References

Agus, Sartono.. 2012. Edisi 4. BPFE. Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta.

Ale, L. 2014. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility.” E-Jurnal Universitas Atmajaya.

Amalia, Dewi. 2013. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclousure Di Bursa Efek Indonesia.” Media Riset Akuntansi, ISSN:2088-2106, 3(No.1: pp.): 34–37.

Antini, Dwi. 2015. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR).” Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Arifin. 2005. Teori Keuangan Pasar Modal. Yogyakarta: Ekosinia.

Badjuri, A. 2011. “Faktor-Faktor Fundamental, Mekanisme Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur Dan Sumber Daya Alam Di Indonesia.” Dinamika Keuangan dan Perbankan.

Br prba, N. M., & Effendi, S. 2019. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei.” Jurnal Akuntansi Barelang 3(2). https://doi.org/10.33884/jab.v3i2.1013.

Brigham, Eugene F. dan Joel F.Houston. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku Satu. Edisi Kese. Jakarta: Salemba Empat.

Chariri, Anis dan Imam Ghozali. 2005. Teori Akuntansi. Semarang: UNDIP.

Endiana, I. D. M. 2018. “Struktur Kepemilikan Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja.” Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 16((2),): 49-74.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke. Bandung: Alfabeta.

Fraser, L.M dan Ormistoon, A. 2008. Memahami Laporan Keuangan. Edisi Ketu. Jakarta: PT. Indeks.

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivivariate Dengan Program SPSS.” Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Guci, N. F. 2017. 2017. “Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek .” Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Hadi, Nur. 2011. Corporate Social Responsibility. Ed. 1th. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Harahap, Sofyan Syafri. 2008. Analisis Krisis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kristi, A. A. 2013. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Publik Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Kurianingsih, Heni Triastuti. 2013. “Pengaruh Profitabilitas Dan Size Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility.” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, Vol. 13(No.1. Maret.).

Kurniawan, E. 2012. “Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Dan Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility.” Doctoral dissertation. Prodi Akuntansi Unika Soegijapranata.

Laksmitaningrum, C. F., & Purwanto, A. 203AD. “Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan CSR (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011).” Doctoral dissertation.Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Lanang, Agung. 2018. “Pengaruh Profitabilitas Dan Good Corporate Goverment (GCG) Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).” Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Milne., Hackston David dan Marcus J. 1996. “Some Determinants of Social and Environmental Discloussure in New Zealand Companies.” Accounting, Auditingand Accountability Journal. Vol 9(No. 1, p.): 77-108.

Munawir. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Ke-4. Yogyakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2004. Pernyataan StandarAkuntansi Keuangan (PSAK).

Nasir, A. Kurnia, P, & Hakri, T. D. 2013. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas, Ukuran, Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di BEI.” Jurnal Ekonomi.

Pebriana, K. U. S, & Sukartha, I. M. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan, Komposisi Dewan Direksi, Dan Kepemilikan Institusional Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Di Bursa Efek Indonesia.” E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Pradnyani, I. G. A. A, & Sisdyani, E. A. 2015. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Dewan Komisaris Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.” E-Jurnal Akuntansi.

Purba, I. B. G. I. W, & Yadnya, I. P. 2015. “Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Putri, R. K., Zulbahridar, Z, & Kurnia, P. 2017. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Basis Kepemilikan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2012-2014.” (Doctoral dissertation, Riau University).

Putri, R. A. 2014. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR.” Business Accounting Review.

Setyowati, E. 2014. “Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2011-2013.” Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Downloads

Published

2024-02-17