Meningkatkan Kompetensi Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VII SMP Bukit Mas
Keywords:
Kemampuan Pemahaman, Pembelajaran InkuiriAbstract
Permasalahan secara khusus yang ditemukan di lokasi penelitian yaitu di SMP Swasta Bukit Mas bahwa siswa kelas VII bahwasanya guru bidang studi Pendidikan Agama Islam menggunakan model pembelajaran langsung seperti model ceramah dan pemberian tugas berbentuk soal latihan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 (tiga) siklus. Hasil penelitian bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan Pemahaman siswa pada bidang studi Al-Qur’an bagi siswa Kelas VII SMP Swasta Bukit Mas sudah terlaksana dengan baik dan terdapat peningkatan sejak awal pra Siklus yaitu jumlah siswa yang mendapatkan ketuntasan nilai rata-rata yaitu 56,55 siswa yang mendapatkan nilai tuntas pada bidang studi Al-Qur’an, pada Siklus I meningkat menjadi 63 siswa yang tuntas dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an pada materi pemahaman. Pada Siklus II tingkat ketuntasan siswa dalam belajar Al-Qur’an yaitu 78,4 di Kelas VII SMP Swasta Bukit Mas. Kemudian dianalisis dari Siklus III ketuntasan siswa mencapai 89,8. Dengan demikian, hipotesis penulis telah diuji kebenarannya dan dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan fakta-fakta dilapangan yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan melalui hasil tes kemampuan pemahaman siswa pada siklus I, II dan siklus III
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Danianto, Himawan and, Siti Zuhriah Ariatmi. 2013. “Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Partisipasi Kegiatan Belajar Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Aspek Speaking Peserta Didik Kelas V SD N 3 Jogosetran Kalikotes Klaten Tahun Ajaran 2013/2014.” Skripsi thesis, Universitas Mu.
Dewi, Suci H. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Paper Presented at the Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era So.” Agustus: 251–61.
Dini Siswani, M., & Suwarno. 2016. “Ptk (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di Sd Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Kependidikan IX((2)): 11.
Fachruddin. 2011. “Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Pokok Bahasan Nun Sukun Atau Tanwin Bertemu Huruf Hijaiyah Kelas IV SD.” Skripsi Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fahmi, M., & Wiguna, S. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Mas Ar-Rahman Bubun.” Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan: 130–137.
Febriyanni, R., Wiguna, S., & Esa, M. 2021. “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( Ptk ) Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sdn 050734 Tanjung Pura Langkat.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5((4)).
Hariyanto, Warsono dan. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Inten, D. N. I. D. N., Aziz, H., Khambali, K., & Mulyani, D. 2021. “Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Al-Quran Di Madrasah Diniyah Berbasis Blended Learning Saat Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5((1)).
Irham dkk, Muhammad. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Card Sort Dan Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Galesong Selatan Kab. Takalar.” Jurnal Diskursus Islam Vol. 04(No. 3).
Jaelani, A., Wakila, Y. F., & Dianah, D. N. 2020. “Metode Preview, Question, Read, Summarize and Test (PQRST) Dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dayeuhmanggung Kabupaten Garut.” AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1((1)).
Khomsatun. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Card Sort Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Tentang Menuntut Ilmu Pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 21 Pontianak.” Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran Vol. 2(No. 4 November 2022 E-ISSN : 2775-2593 P-ISSN : 2775-2585.).
Majid, Abdul. 2012a. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2012b. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maksum, Ali. 2011. Pluralisme Dan Multikulturalisme: Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Malang: Aditya Media Pub.
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. 2020. “Gerakan Literasi Matematika Bagi Siswa Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Di SDN Kenari 07 Pagi.” Jurnal ABDI PAUD 1((1)): 7–12.
Maulana, R. 2022. “Upaya Meningkatkan Metakognisi Siswa Melalui Metode E-Learning Di Era 5 . 0 Pada Mata Pelajaran Alqur ’ An Hadist Kelas Viii Mts Ppm Al-Fath Desa Air Hitam.” Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1((2)): 302–310.
Rahmalia, Putriana. 2017. “Penerapan Model Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Al Qur’an Hadits Siswa Sman I Peukan Banda Aceh Besar. Skripsi.”
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada Universitas Islam Negeri Ar Raniry, 2017.
Sanjaya, Wina. 2003. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Prenada Media Group.
Setyaningrum, Wahyu. 2022. “Hubungan Penguasaan Past Tense Dan Keterampilan Menulis Teks Recount Siswa Kelas X.” Jurnal Sinastra. e-ISSN 2961-9920 Volume 1.
Syahrum, Salim Dan. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. 2019. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Quran Bagi Guru.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Wiguna, Abdul Razak; Satria. 2022. “Pengaruh Beasiswa Pendidikan Pada Program Indonesia Pintar ( Pip ) Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Kelas Viii Mts Alwashliyah Kecamatan Babalan. Tut Wuri Handayani.” Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 01 (Desemb: 249.
Wiguna, Satria. 2020. “Keteladanan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter.As- Syar ’ I.” Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga 2: 216–227.
Zuhro, Lailatus. 2019. “Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tikrari Materi ‘Mari Menghafal Surah Al-‘Adiyat’ Di Kelas IV-A MI Al Huda Sidoarjo.” Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.
Zumroti, Nur. 2022. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Tentang Pemahaman Isi Bacaan Teks Recount Melalui Metode NHT Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 3 Adiwerna.” STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran Vol 2(No 4. Oktober 2022 E-ISSN : 2798-5466 P-ISSN : 2798-5725).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cut Rahmadani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.