Menumbuhkan dan Meningkatkan Minat Baca Siswa MTs. Al-Ishlahiyah Kota Binjai Melalui Gerakan Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar Dimulai
Keywords:
Minat Baca, Perpustakaan, LiterasiAbstract
Metodologi studi kasus diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini di MTs. Al Ishlahiyah, Kota Binjai. Wawancara, observasi, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Hasil layanan menunjukkan: 1) Bagian yang dimainkan siswa sebagai guru dalam membantu siswa MTs. Al Ishlahiyah Kota Binjai berkembang dan menjadi pembaca yang lebih tertarik., membaca literatur baik akademik maupun non akademik meningkatkan semangat seseorang dalam membaca. 15 menit sebelum dimulainya kegiatan pengajaran dan pembelajaran. 2. Setiap sekolah harus menyertakan area literasi untuk membantu melibatkan siswa-siswi MTs. Kota Al-Ishlahiyah Binjai Buku-buku di sudut literasi dipinjam dari perpustakaan dan diganti seminggu sekali, mendorong siswa untuk membaca lebih banyak dan terlibat dalam kegiatan lain yang menumbuhkan potensi dan pemikiran kritis.
References
Anjani, S, N Dantes, and G Artawan. 2019. “Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus II Kuta Utara.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3 (No 2): 74–82.
Aurellia, M., Kaunang, S. B. S., & Mauleti, E. K. 2021. “Perancangan Modul Prakarya Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak-Anak Busa Pustaka.” Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial (SNDS) 3((1)): 285–92.
Batubara, H. H, and D. N Ariani. 2018. “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4(No 1).
Bungsu, A. P., & Dafit, F. 2021. “Pelaksanaan Literasi Membaca Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4((3)): 522–27.
Elendiana, M. 2020. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2((1)): 54–60.
Faradina, N. 2017. “Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten.” Hanata Widya 6((8)): 60–69.
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. 2022. “Pengaruh Teknologi Dan Literasi Terhadap Komunikasi Siswa Sekolah Dasar.” Journal on Teacher Education 3((3)): 581–85.
Ginting, E. S. 2021. “Penguatan Literasi Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3: 35–38.
Haidar, Ahmad, and Muhammad Sholeh. 2021. ““Program Literasi Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 09(No 03): 639–47.
Hanum, Afrida Emelia. 2021. ““Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 09(No 05): 1104–11.
Herdiansyah, H. 2015. “Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups: Sebagai Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal pendidikan penabur (nomor 03 tahun III). Him. 113128.
Kharizmi, Muhammad, and Universitas Almuslim. 2015. ““Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi.” 2(No 2): 11–21.
Mufridah, L., & Annur, A. F. 2022. “Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru.” Jurnal Pendidikan MI/SD 2((2)): 101–12.
Naufal. 2022. Jurnal Laporan Akhir Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Malang: Universitas Brawijaya.
Rahman, Fadillah. 2013. “Upaya Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Paser Dalam Meningkatkan Minat Membaca Masyarakat Di Perpustakaan Umum Kabupaten Paser.” E Journal Administrasi Negara 1(No 2): 683–97.
Rahman, S. 2022. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Ramandanu, Febriana. 2019. “Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa.” Mimbar Ilmu 24 (No 01).
Randa, Yogi. 2016. “Strategi Pembelajaran Membaca Di Sekolah Dasar.” Jurnal Universitas Negeri Jakarta 2(No May): 31–48.
Silviana. “Pegiat Literasi Lampung: Antusias Anak Membaca Tinggi Tapi Akses Kurang.” https://lampung.idntimes.com/news/lampung/silviana-4/pegiat-literasi-lampung-antusias-anak-membaca-tinggi-tapi-akses-kurang?page=all.
Sinaga, A. B., Sebayang, F. A. A., & br Limbong, W. S. 2021. “Peningkatan Literasi Melalui Penerapan Dear Di Panti Asuhan Rahpia Simalingkar B Medan.” Jurnal Abdimas Mutiara 2((2)): 47–55.
Sudarsana, U. 2014. “Pembinaan Minat Baca.” Universitas Terbuka, 1(028.9): 1–49.
Sugiyono. 2011. Metode Pengabdian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Pengabdian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suragangga, I, M, N. 2017. “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas.” Jurnal penjamin mutu 3((2)): 54–163.
Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan. 2020. Uku Panduan Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wahadaniah, H. 1997. Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan Minat Dan Kegemaran Membaca. Dalam Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Laporan Lokakarya Pengembangan Minat Kegemaran Membaca. Jakarta: Departemen pendidikan dan kebudayaan.
Walyyunita, R., Indriati, D. K., Mustanfidah, A., & Fitriana, A. 2021. “Dampak Gedget Terhadap Minat Baca Peserta Didik SD/MI: Pengaruh Gadget. Semai.” Seminar Nasional Pgmi 1((1)): 555–68.
Wanelly, W. 2019. “Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah.” Jurnal Basicedu 3((2)): 406 – 413.
Wicaksono, Ganesha Aziz. 2022. Jurnal Laporan Akhir Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.
Witanto, J. 2018. “Minat Baca Yang Sangat Rendah. Publikasi.” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Yunianika, Ika Tri. 2019. ““Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka.” 3(No 4): 497–503.
Yuniati, Y., Yuningsih, A., & Ratmanto, T. 2017. “Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca. Prosiding SNaPP.” Sosial, Ekonomi Dan Humaniora 7((2)): 366–77.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dicky Rhenaldy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.