Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Menghadapi Era 4.0 Di Desa Bukit Mas

Authors

  • Suhaimi Zefri Lubis Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Keywords:

Desa Bukit Mas, KPM

Abstract

Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) adalah salah satu bentuk dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Secara ideal, penyelenggaraan KPM ini dapat menjangkau tiga sasaran utama. Pertama, sebagai wahana  eksplorasi pembelajaran bagi para mahasiswa (peserta KPM) untuk mengaplikasikan berbagai teori yang diperolehnya selama dalam perkuliahan, sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. Kedua, KPM dapat memberikan nilai tambah dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Ketiga, KPM merupakan sebagai media untuk membangun kemitraan antara lembaga perguruan tinggi yang bersangkutan dengan masyarakat. Dengan kondisi saat ini yang terjadi diseluruh penjuru dunia tentang penyebaran Novel Corona virus yang disingkat dengan Virus COVID-19 maka Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe selaku lembaga pendidikan yang mempunyai kewajiban untuk melaksanakan Tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya dengan mengadakan KPM dan PPL Terintegrasi yang dimana KPM ini dilaksanakan di kampung halaman sendiri untuk mengurangi banyaknya orang yang terkena Covid.

Adapun tujuan dari KPM ini adalah untuk (1) Menumbuhkan kepada mahasiswa jiwa peneliti yang eksploratif dan analitis, (2) Memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk menciptakan terobosan baru yang menjadi alternatif pemecahan masalah didalam masyarakat, (3) Menjadikan kepribadian mahasiswa yang lebih dewasa dan bertambah luasnya wawasan mahasiswa didalam masyarakat, (4) Mengetahui masyarakat secara mendalam dan mengimplementasikan teori segala disiplin ilmu kepada masyarakat.

Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat merupakan lokasi KPM kelompok 60. Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada KPM ini adalah sebagai berikut: (1) Bersilaturahmi kerumah aparatur desa, (2) Bersih-bersih Masjid, (3) Membuat Taman Edukasi Belajar, (4) Ikut melakukan gerakan ayo vaksinasi, (5) Mengajar mengaji, (6) Ikut berpartisipasi dalam segala kegiatan masyarakat. Kegiatan KKN ini dilaksanakan dari tanggal 01Oktober – 30 November 2021. Seluruh program yang direncanakan selama dua bulan pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat di Desa Bukit Mas telah dilakukan dengan baik. Walaupun terdapat beberapa hambatan dan kekurangan dalam melaksanakan program kegiatan. Namun semua program dapat terselesaikan sesuai rencana, tepat waktu, dan tepat sasaran.

References

Anwas, O. MAnwas, Oos M. 2011. “Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Arditama, e., & Lestari, P. 2020. “Jogo Tonggo: Membangkitkan Kesadaran Dan Ketaatan Warga Berbasis Kearifan Lokal Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jawa Tengah.” Jurnal pe ndidikan kewarganegaraan undiksha 8((12)): 157–67.

Budi, Arya & Irham Nur Anshari. 2020. “Administration Distancing?”, Pemerintah Daerah Dalam Pandemi Covid-19.” Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM: UGM Press.

Datuk, A. 2020. “Sistem Zonasi Sebagai Solusi Bagi Orang Tua Untuk Mendapatkan Pendidikan Anak.”

Ganjar Adhywirawan Sutarjo, Warkoyo. 2019. “KKN PPM Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Dan Penguatan Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Air Tawar Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang.” Jurnal Dedikasi Universitas Muhammadiyah Malang Volume 16(Mei 2019): 13–16.

Hadiwardoyo, W. 2020. “Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19.” Journal of Business & Entrepreneurship 2((2)): 83–92.

Hua, J., & Shaw, R. 2020. “Corona Virus (COVID-19) ‘Infodemic’ and Emerging Issues through a Data Lens: The Case of China. International.” Journal of Environmental Research and Public Health 17((7)): 2309. https://doi.org/10.3390/ijerph17072309.

Ilyasa, F., Rahmayanti, H., Muzani, M., Ichsan, I. Z., & Suhono, S. 2020. “Environmental Education for Prevent Disaster: A Survey of Students Knowledge in Beginning New Normal of COVID-19.” International Journal on Advanced Science, Education, and Religion 3((2)): 1–8.

Imanuddin, N. 2020. “Model Pembelajaran Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan.” Attractive Innovative Education Journal 1((2)): 26–42.

Khadijah, I. 2021. “The Competency of Science Teachers in Implementation of Online Learning In Covid-19 Pandemic Period at SMPN 2 Kramatwatu Serang.” Bulletin of Science Education 1((1)): 60–67.

Kurniawansyah, H., Salahuddin, A.M., Nurhidayati, S. 2020. “Konsep Kebijakan Strategis Dalam Menangani Eksternalitas Ekonomi Dari Covid-19 Pada Masyarakat Rentan Di Indonesia.” Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities 1((2)): 130–39.

Marwasta, D. 2016. “Pendampingan Pengelolaan Wilayah Perbatasan Di Indonesia: Lesson Learned Dari KKN-PPM UGM Di Kawasan Perbatasan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 1((2)): 204–16.

Mursyid, A. A., & Syamsir, H. A. 2021. “PERAN MAHASISWA DALAM KONTRIBUSI MEMECAHKAN MASALAH MASYARAKAT DI ERA NEW NORMAL LAPORAN Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas).” Mengabdi di Kampung: Halaman, 21.

Ningsih, S. F., Jannah, S. R., Sholihah, A. M. A., MA, M., Mahfudz, M., Aisyah, S., ... & Arifin, Z. 2022. “Kuliah Kerja Nyata.” KKN Tematik Di Desa Tinawun.

Noor, Idris HM. 2010. “Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Pada Perguruan Tinggi. Jakarta.” Artikel Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 16(No. 3 Mei).

POLRI, SPRIPIM. 2020. Kumpulan Peraturan Dan Pedoman Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19. Jakarta Selatan.

RI, Kementrian Kesehatan. 2020. “Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease.” Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit: 1–136.

SAIDAH, S. M., NIKMAH, R. U., IKHSANUDIN, W. N., SUKMA, E. Y., ROKHIM, A. N., SAKDIYAH, S. M., ... & NUGIANSYAH, D. 2022. “Kuliah Kerja Nyata.” KKN Tematik Di Desa Cengungklung.

Saillah, Illah. 2010. KKN Tematik Posdaya Tumbuhkan Sikap Kepemimpinan Mahasiswa. Edisi 109/. Jakarta: Majalah Gemari.

Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia, Adi Widya.” Jurnal Pendidikan Dasar 4((1)): 29–39.

Suyono, Haryono dan Rohadi Haryanto. 2009. Pedoman Pelaksanaan KKN Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Jakarta: Citra Kharisma Bunda.

Syardiansah. 2019. “Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017).” Jim Upb, 7(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017): 57–68.

Tajuddin, Noor. 2018. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.” Jurnal Pendidikan Islam Unsika: 124–44.

Widianingrum, Ambar & Wawan Mas’uid. 2020. “Dinamika Respon Pemerintah Nasional: Krisis Kebijakan Penanganan Covid-19.” Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM: UGM Press.

Yunus, N.R., Rezki, A. 2020. “Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19.” Jurnal Sosial & Budaya Syar’I 7((3)): 227–38.

Downloads

Published

2024-04-05