https://jurnal.yabb.or.id/index.php/jugini/issue/feedJurnal Bisnis Digital2024-07-02T05:11:57+07:00Open Journal Systems<p>JUGINI - The Digital Business Journal is a journal published by the Alifana Batubara Brothers Foundation. This journal is published twice per year. JUGINI opens access to all articles or journals that have a theme around digital business. We accept research journals, such as qualitative, quantitative, experimental, or conceptual views from the glabalization era. JUGINI has a focus on digital marketing, digital platforms, digital advertising, digital entrepreneurship, digital product and service brands, start-ups, digital business strategies, technology in business, industrial revolution 4.0, Information Systems, Multimedia.</p>https://jurnal.yabb.or.id/index.php/jugini/article/view/40Dampak Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pemasaran dan Evaluasi Terhadap Kinerja Bisnis2024-07-02T05:11:57+07:00Adri Harlyansyah Abraraabrar250@yahoo.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk membahas pendekatan kualitatif dalam riset pemasaran sebagai bagian dari pengukuran kinerja bisnis di masa kini. Penelitian ini membandingkan tiga metode penelitian kualitatif: fenomenologi, grounded theory, dan etnografi. Hasil penelitian ini akan berguna untuk pengembangan teori dan pengambilan keputusan bisnis yang baik. Studi ini menunjukkan bahwa metode penelitian kualitatif saat ini dianggap cocok untuk digunakan dalam penelitian konsumen dan pemasaran secara umum. Artikel ini memaparkan metode penelitian yang mengambil pendekatan kualitatif dan membahas potensi penerapan metode tersebut dalam riset pemasaran dan pengukuran keberhasilan bisnis.</p> <p> </p>2024-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Adri Harlyansyah Abrarhttps://jurnal.yabb.or.id/index.php/jugini/article/view/38Peran dan Fungsi Influencer di Media Sosial2024-07-01T00:13:12+07:00Tata Dwiyantotatadwiyanto927@gmail.com<p>Media sosial telah menjadi alat yang digunakan oleh taktik pemasaran untuk menjual barang di era digital kontemporer. Studi ini menunjukkan bahwa memanfaatkan influencer untuk memasarkan barang dan menarik atau menarik klien adalah salah satu penggunaan media sosial teratas. Media sosial juga dapat digunakan untuk mengumpulkan evaluasi dan informasi tentang produk atau layanan yang dijual, menggelitik rasa ingin tahu pelanggan dan mendorong balasan sebelum mereka memilih untuk membeli produk atau layanan. Untuk memastikan bagaimana influencer bekerja dan bagian apa yang mereka mainkan dalam meningkatkan penjualan produk di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka secara kualitatif. Menggunakan influencer untuk mempromosikan produk dan menarik atau menarik klien adalah salah satu penggunaan media sosial terbaik.</p>2024-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Tata Dwiyantohttps://jurnal.yabb.or.id/index.php/jugini/article/view/36Pengaruh Loyalitas Merek, Pengalaman Pengguna dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Premium Currency Pada Permainan Online Berbasis Mobile2024-06-30T23:26:12+07:00Edi Kurniawanedi97449@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji variabel-variabel yang dapat mempengaruhi keputusan pemain untuk membeli mata uang premium di game online mobile populer Indonesia. Dalam hal ini, subjek penelitian penulis adalah <em>game online Genshin</em> <em>Impact</em> dan <em>Mobile Legends</em>. Untuk melakukan penelitian ini, data dari <em>kuesioner</em> lengkap 109 responden berhasil dikumpulkan dan menjalani uji statistik. Oleh karena itu, dalam <em>game online</em> berbasis seluler, loyalitas merek, pengalaman pengguna, dan promosi penjualan semuanya memiliki dampak menguntungkan yang besar pada keputusan untuk memperoleh mata uang premium, baik secara bersamaan maupun sebagian. Karena pemain <em>Mobile Legends</em> dan <em>Genshin Impact</em> sangat setia pada merek mereka, loyalitas merek memiliki dampak paling besar di atas semua kriteria lainnya. Karena tidak banyak promo dari influencer atau publikasi, promosi penjualan memiliki pengaruh paling sedikit.</p>2024-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Edi Kurniawanhttps://jurnal.yabb.or.id/index.php/jugini/article/view/39Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Kinerja Penjualan Pada PT. Astragraphia Tbk Cabang Medan 2024-07-01T00:58:07+07:00Muhammad Rajab Ardiansyahmuhammadrajabardiansyah791@gmail.com<p>Dalam pembangunan, dunia usaha memiliki peran penting, baik yang dijalankan oleh pemerintah melalui BUMN maupun oleh pihak swasta. Untuk mencapai tujuan, perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Strategi segmentasi pasar menjadi kunci untuk meningkatkan kinerja penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Segmentasi Pasar Geografis dan Demografis. Data Primer yang digunakan diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan kepada konsumen. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi pasar geografis dan demografis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Penjualan PT. Astragraphia Tbk. Cabang Medan. Perusahaan disarankan untuk tetap mempertahankan strategi pada setiap segmen agar kinerja penjualan tetap stabil.</p> <p> </p>2024-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Muhammad Rajab Ardiansyahhttps://jurnal.yabb.or.id/index.php/jugini/article/view/37Analisa Pengaruh Strategic Planning Terhadap Kinerja Perusahaan 2024-06-30T23:52:37+07:00Muhammad Akbarmuhammadakbar23489@gmail.com<p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Perencanaan Strategis dengan keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kausalitas karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel terhadap variabel lainnya. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang merupakan manajer di perusahaan jasa di Surabaya yang menerapkan Perencanaan Strategis dan memiliki pengalaman minimal 1 tahun. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan <em>Structural Equation Modeling </em>(SEM) dengan <em>Partial Least Square</em> (PLS). Variabel Perencanaan Strategis diukur melalui empat tahapan, yaitu menetapkan tujuan dan tujuan perusahaan; analisis lingkungan bisnis; analisis isu strategis, generasi, evaluasi, dan seleksi; pengembangan dan implementasi, evaluasi, dan sistem pengendalian. Variabel keunggulan bersaing diukur melalui lima indikator, yaitu harga, kualitas, keandalan pengiriman, inovasi produk, dan waktu pemasaran. Sementara itu, variabel kinerja perusahaan diukur melalui dua indikator, yaitu kinerja keuangan dan kinerja operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan Strategis memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan.</p> <p>Kata Kunci: <em>Strategic Planning</em>, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan.</p>2024-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Muhammad Akbar