Implementasi Analitycal Networking Process (ANP) Zakat dan Keuangan Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Authors

  • Tohap Parulian Siregar Universitas Budi Darma

Keywords:

Pertumbuhan Ekonomi, Zakat, Keuangan Syariah

Abstract

Pertumbuhan keuangan syariah di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pemerintah Indonesia berharap sektor keuangan dapat menjadi instrumen penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia, namun tampaknya persentase pertumbuhan ekonomi di Indonesia telah mengalami penurunan selama satu dekade terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana dampak instrumen keuangan syariah terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dari organisasi pengelolah zakat, akademisi, pemerintah dan praktisi. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling di mana objek kajian dalam penelitian ini adalah para pakar zakat yang ada. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel instrumen keuangan syariah memiliki dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek. Namun, dalam jangka panjang, semua variabel independen memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi, kecuali Reksa Dana Syariah yang menunjukkan dampak negatif. Pembiayaan Bank Syariah dan Saham Syariah juga tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa instrumen keuangan syariah memiliki dampak positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam jangka panjang.

References

Abdullah, Naziruddin., Mohd Yusop, Mohd Mahyudi., Hj. Awang, Che Omar. 2012. “A Technical Note on The Derivation of Zakat Efectiviness Index (Zein).” International Journal of Economics Management and Accounting 20(1): 75-86.

Afzalur, R. 2001. “Doktrin Ekonomi Islam Jilid III. PT. Dana Bhakti Wakaf. Yogyakarta. Ahmad, Nisar., Batti, Kausar Abbas., & Arshad, Muhammad Usman. 2013.” Economic Growth and Human Development in Islam. Al-Qalam 2: 68–76.

Al-Qaradawi, Yusuf. 1980. Fiqih Az-Zakah. Muasassah Al-Risalah. Beirut. Al-Qardawi, Yusuf. 2007. Hukum Zaka. Jakarta: PT. Mitra Kerjaya Indonesia.

Anung. 2015. Kerangka Sustainable Development Goals (SDGs). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arthur. 2007. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.

Ascarya. “Analytic Network Process (ANP) Pendekatan Baru Studi Kualitatif.” Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan. Bank Indonesia.

Azizy, A. Q. 2004. Membangun Fondasi Ekonomi Umat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burhanuddin. 2017. Permasalahan Dunia Di Era Industri. Ekonomi & Keuangan Vol. 2, 67. DEKS Bank Indonesia. 2016. Kemiskinan Di Perkotaan. Jakarta: Yayasan Obor.

Erik. 2014. Zakat Dalam Perspektif Fiqh Sosial Dan Ekonomi. Surabaya: Putra Media Nusantara.

Institute, World Bank. 2004. Dasar-Dasar Analisis Kemiskinan. Edisi Terj. Semarang.

Syaifuddin, Tsalia. 2019. “Implementation of Data Envelopment Analysis (DEA) In Measuring The Efficiency Zakat Fund Management. Indonesian.” Journal of Islamic Economics Research 1(1): 50–57.

Todaro, Mechael P. 1994. Pembangunan Ekonomi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trihano. 2015. Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Ubaidillah. 2008. “Keselarasan Program Kerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Indragiri Hilir Dengan (Sustainable Development Goals).” Pembangunan Ekonomi 2(39).

Umam. 2013. Dinamika Permasalah Ekonomi. Yogyakarta: Deva Press.

Yasid. 2008. Dasar-Dasar Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Azka Publisher.

Zuhri, S. 2012. Zakat Di Era Reformasi (Tata Kelola Baru). Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Downloads

Published

2024-05-05