Pengembangan Perbankan Syariah Dalam Mendukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Authors

  • Amelia P Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Perbankan Syariah, Inklusi Keuangan, Pengembangan, Literasi Keuangan

Abstract

Tujuan jurnal ini adalah untuk menyelidiki bagaimana praktik perbankan syariah telah berubah dari waktu ke waktu untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia. Mereka disebut "keuangan inklusi" karena bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap barang dan jasa dengan harga terjangkau. Pengganti penting untuk sistem moneter Indonesia sekarang adalah sistem perbankan syariah. Jurnal ini menggunakan analisis deskriptif sebagai metodologi penelitiannya. Studi penelitian dan sumber data sekunder terkait digunakan untuk mengumpulkan data. Pemeriksaan ini akan menunjukkan cara kerja bank syariah Indonesia, bagaimana mereka menjaga integritas mereka ketika melakukan transaksi keuangan, dan masalah apa yang muncul ketika mereka tumbuh. Menurut analisis, kebangkitan bank-bank syariah telah berkontribusi pada apresiasi mata uang Indonesia. Namun, industri perbankan syariah memiliki banyak kesulitan. Ini termasuk kurangnya kesadaran akan produk dan layanan yang ditawarkan oleh bank syariah, infrastruktur yang tidak memadai, dan aturan yang hanya sebagian mengatasi sumber masalah yang mendasarinya. Sebagai hasilnya, jurnal ini juga memberikan panduan tentang bagaimana menangani situasi saat ini dan mempromosikan pertumbuhan bank syariah di Indonesia yang lebih perhatian.

References

Abdul, A. R., Mandiri, D. P., Astuti, W., & Arkoyah, and S. 2022. “TANTANGAN PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Jurnal Tabarru’.” Islamic Banking and Finance 5((2)): 352–365.

Band Gayathri, Naidu Kanchan, & Mehadia Tina. 2012. “Opportunities & Obstacles To Financial Inclusion.” A Journal of Economics and Management 1((1)).

Demirguc-Kunt, A., Klapper, L., & Bank, T. W. 2012. “Measuring Financial Inclusion The Global Findex Database.” http://econ.worldbank.org.

Devlin, J. F. 2005. “A Detailed Study of Financial Exclusion in the UK.” Journal of Consumer Policy 28((1)): 75–108.

Fahmy, O. M., & Rustam, M. 2016. “Pengaruh Keuangan Inklusif Terhadap Kredit Yang Disalurkan Pada Sektor Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia.” In Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 5(Issue 2).

Husna, F. 2020. “Wajah Ekonomi 4.0: Perbankan Syari’ah Digital.” Peningkatan Daya Saing dan Strategi Dakwah Islam. Idarotuna 3((1)): 59.

Imboden, K., Herman, B., & Petkoski, D. 2006. “SUMMARY REPORT ECONFERENCE ON: Building Inclusive Financial Sectors for Development:” Widening Access, Enhancing Growth, Alleviating Poverty.

Keuangan, Otoritas Jasa. 2022. “SP - SURVEI NASIONAL LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN TAHUN 2022.” https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx.

Khmous, D. F., & Besim, M. 2020. “Impact of Islamic Banking Share on Financial Inclusion: Evidence from MENA.” International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management 13((4)): 655–673.

Mardani, D. A., Sy, M. E., Tinggi, S., Islam, A., &, and T Jawa Barat. 2018. “PERAN PERBANKAN SYARIAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KEUANGAN INKLUSIF DI INDONESIA.”

Nengsih, N. 2023. “STRATEGI PERBANKAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN INKLUSI KEUANGAN DI INDONESIA. ALITTIFAQ.” Jurnal Ekonomi Syariah 3((1)): 1.

Werdi, H., Korespondensi, A., & Apriyanti, H. W. 2017. “AKUNTANSI SYARIAH: SEBUAH TINJAUAN ANTARA TEORI DAN PRAKTIK.” In Jurnal Akuntansi Indonesia Vol. 6(Issue 2).

Zia Ulhaq, M., & Rasyad Al Fajar, M. 2022. “PELUANG DAN TANTANGAN BANK SYARIAH DI ERA DIGITAL.” Jurnal Ekonomi Syariah 5((1)): 49–61.

Downloads

Published

2024-05-05