Minat Beli Mahasiswa Saat Menggunakan Tiktok Shop Dilihat Dari Faktor Diskon
Keywords:
TikTok Shop, Diskon, Minat BeliAbstract
Saat ini, e-commerce berperan dalam perilaku konsumen. Aplikasi marketplace online memudahkan bisnis untuk beroperasi dengan pengeluaran sederhana dan pangsa pasar yang besar. TikTok Shop adalah salah satu perusahaan e-commerce yang bersaing untuk pasar Indonesia. TikTok Shop adalah platform perdagangan sosial yang memungkinkan pengguna dan pembuat konten untuk memasarkan dan menjual produk di platform. Layanan ini tersedia untuk pengguna TikTok dengan akun bisnis, dan mulai pertengahan 2021, layanan ini juga akan dapat diakses di akun konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah menggunakan TikTok Shops memengaruhi minat dan ketersediaan diskon untuk pembelian. Pelanggan TikTok Shop Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang telah membeli barang melalui dan diskon merupakan sampel penelitian. Ukuran sampel adalah 44 karena ada 10 pernyataan yang diberikan sebagai tanggapan atas penyelidikan. Salah satu metode analisis data yang dilakukan adalah analisis regresi, dan perangkat lunak SPSS digunakan untuk membantu. Diskon berdampak 54.5% pada daya beli siswa saat menggunakan TikTok Shop, sedangkan faktor lain berdampak 45.5%.
References
Adinda, Amaura Astri. 2021. “‘Pengaruh-Price-Discount-Terhadap-Impulse-Buying-Di Masa-Pandemi Covid-19 (Studi Pada Konsumen Yogya Sunda Department Store Di Kota Bandung).’” Manajemen Pemasaran: 15–33. https://doi.org/10.37385/msej.v5i1.4164.
Aisyah, A. P., Nurhaepi, H. D., Khaerani, N., &, and A. A Kusumadinata. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Tiktok Shop Terhadap Kepuasan Konsumen.” Karimah Tauhid 1((e-ISSN 2963-590X)): 890–902.
Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. 2021. “Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok Terhadap Kesadaran Merek Dan Minat Beli Produk Kosmetik Di Indonesia.” Jurnal Teknik ITS 10((2)).
Farhanul, Adam, Abu Bakar Sidik, Dhuhayatun Naziah, Wahyu Hidayat, Uin Sultan, Maulana Hasanuddin Banten, and Maulana Hasanudin Banten. 2023. “‘Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Di UIN Banten.’” Jurnal Multidisiplin Ilmu 2((2)): 2828–6863. https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/484/431.
Firda Rona Hafizhoh, Rayhan Gunaningrat, and Khabib Alia Akhmad. 2023. “‘Potongan Harga, Live Streaming, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop.’” Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis 2((3)): 204–19. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i3.2023.
Husniyyah, T., Giningroem, D. S. W. P., & Pitoyo, B. S. 2024. “Pengaruh Diskon, Flash Sale, Dan Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand The Originote Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya).” Jurnal Economina 3((2)): 314–328. https://doi.org/10.55681/economina.v3i2.1203.
Kahfie, Abdillah Dattul, Suadi Sapta Putra, Kumba Digdowiseiso, and Universitas Nasional. 2023. “‘The Influence of Product Quality, Service Quality, and Price Perceptions on Purchase Decisions at the Air Pray Depot of Gondrong Jakarta.’” : 7:2549–60.
Kristianto, D. A. P., Rapini, T., &, and T Purwaningrum. 2023. “Pengaruh Diskon, Webqual, e-Wom Terhadap Kepuasan Konsumen Tiktok Shop.” 8((14)): 649–657.
Latifah, Latifah, and Nurmalasari Nurmalasari. 2023. “‘Pengaruh Diskon Harga, Gratis Ongkos Kirim Dan Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Aplikasi Tiktok Shop.’” Jurnal Ekonomi STIEP 8(no 2): 120–27. https://doi.org/10.54526/jes.v8i2.187.
Makkira, Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngando, A. M. 2022. “Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep.” Amkop Management Accounting Review (AMAR) 2((1)): 20–27. https://doi.org/10.37531/amar.v2i1.141.
Nurchasanah, D., & Udayana, I. B. N. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tiktok Shop.” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 5((3)): 1081–1095. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i3.1693.
Pratiwi, V. J., Efendi, F., Fariz, M., Zikrinawati, and Z K., & Fahmy. 2023. “Pengaruh Voucer Diskon Belanja Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Implusive Buying Dikalangan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang.” Student Scientific Creativity Journal (SSCJ) 1((2)): 391–400. https://doi.org/10.55606/sscjamik.v1i2.1839.
Priyono, Muhammad Bintang, and Dian Permata Sari. 2023. “‘Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia.’” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9((September)): 497–506. https://doi.org/10.5281/zenodo.8315865.
Purnomo, R. A. 2016. “Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. CV. Wade Group Bekerjasama Dengan UNMUH Ponorogo Press.”
Ramadan, A. F., Rafiudin, R. H. M., Komalasari, R., & Hidayat, W. 2023. “Pengaruh Fitur Gratis Ongkir Shopee Terhadap Minat Belanja Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.” IJM: Indonesian (1): 604–611. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/179%0Ahttps://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/download/179/116.
Riskhi, Ayu Ningsetya Mardika, Jono M Munandar, and Mukhamad Najib. 2018. “‘Pengaruh Kredibilitas Endorser Terhadap Minat Beli Dengan Tiga Tipe Konsumen Pada Industri Busana Muslimah.’” Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen 8((3)): 579.
Tusanputri, A. V., & Amron. 2021. “Pengaruh Iklan Dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform Ecommerce Tiktok Shop.” Journal FEB UNMUL Vol 23((4)): hlm. 632-639.
Zayyan, S., & Saino. 2021. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan.” Jurnal Manajemen Vol 13(No 2): 282– 291.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Heni Khairunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.