Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbaikan di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Ladisa Cikal Asa Bangsa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas, Nilai perusahaan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. Kinerja keuangan dapat  diukur menggunakan likuiditas yang diproksikan dengan Loan to Deposit Ratio, profitabilitas diproksikan dengan Return On Asset, solvabilitas diproksikan dengan Debt to Equity Ratio dan nilai perusahaan yang diproksikan dengan Price to Book Value. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling telah didapatkan sebanyak 170 sampel dari 34 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas (LDR) berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan sehingga H1 ditolak, profitabilitas (ROA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sehingga H2 diterima, dan solvabilitas (DER) berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan sehingga H3 ditolak

References

Abrori, A. dan S, Suwitho. 2019. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 8((2)).

Ayu, D. P. dan A. A. G. Suarjaya. 2017. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsility Sebagai VAriabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan.” E-Jurnal Manajemen Unud 6((2)): 1112-1138.

Brigham, E. F. dan J. F. Houston. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Cahyo, Dwi Laksono. 2017. “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Retrun Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.

Christiani. S, Devi. 2010. “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Dan Kinerja Saham Sebelum Dan Sesudah Seasoned Equity Offerings Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI.” Tesis, Program Magister Manajemen UNUD.

Damara. 2010. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Dan GGG Sebagai VariabelPemoderasi.”

Erlina. 2002. “Manajemen Keuangan.” Universitas Sumatera utara. Program Studi Akuntansi.

Euis., Halimah dan. 2017. “Pengaruh ROA, CAR, NPL, LDR,BOPO Terhadap Nilai Perusahaan Bank Umum.” Jurnal Akuntansi: Ekonomi dan Manajemen Bisnis 5((1)).

Fahmi, Irham. 2015. Analisis Laporan Keungan. Bandung: IKAPL.

Hanafi, M. M, dan A. Halim. 2016. Analisis Laporan Keuamgan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hapsari, Tri Handini. 2015. “Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi.” Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Harahap, S. S. 2016. Analisis Kritis Laporan Keuangan. Cetakan ke. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Harjito, A dan Martono. 2005. Manajemen Keuangan. Yogyakarta.

Harmono. 2009. Manajemen Keuuangan Berbasis Balanced Scorecard. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasugian, Hotbin. 2008. “Pengruh Kebijakan Dividen, Volume Perdagangan Saham Dan Leverage Perusahaan Terhadap Harga Saham Setelah Ex Dividen Day Di Bursa Efek Indonesia.” Thesis, Program Pascasarjana USU.

Hery. 2014. Analisis Kinerja Manajemen. Jakarta: PT. Grasindo.

Husnan, S dan E. Pudjiastuti. 2015. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi ke 7. Yogyakarta: UUP STIM.

Kasmir. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kusumadilaga, Rimba. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating.” Skripsi, Fakultas Ekonomi Diponegoro. Semarang.

Lubis, Bonar, dan Hendro. 2017. “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 3((3)): 458–458.

Mahendra, Dj Alfredo, Luh Gede Sri Artini & A.A Gede Suarjaya. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan Universitas Udayana.

Munawir. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Mustanda, Nyoman Agus Suwardika & Ketut. 2017. “Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti.” Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Permanasari, Wien Ika. 2010. “Pengaruh Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Instutisional, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan.” Skripsi. Akuntansi. Universitas Diponegoro.

Prasetiono, Agustina dan. 2014. “Pengaruh CAR, NPL, NIM, LDR, Dan BOPO TErhadap Nilai Perusahaan Dengan ROA Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Go Public Di Indonesia Periode 2008-2012. Skripsi.” Universitas Diponegoro. Semarang.

Raharjo, Susilo. 2005. “Analisa Penfaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusaahn LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia.” Skripsi, Fakultas ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Rina, Tjandrakirana DP Hj dan Meva Monika. 2014. . “. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya.

Susanti, Rika. 2010. “Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan.” Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Downloads

Published

2024-03-07